THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 01 Februari 2009

Modus Transmisi Data :
1. Simplex
karakteristik : transmisi data berlangsung satu arah, seperti arus lalu-lintas pada jalan raya satu arah. Pada setiap link, hanya salah satu piranti yg dapat mengirim pesan/sinyal sedangkan piranti yg lain hanya menerima pesan/sinyal tersebut.
keterangan : beberapa contoh modus transmisi simplex terjadi pada siaran radio/televisi, aliran data dari keyboard (alat input) ke monitor (alat output), dan aliran data dari alat penerima sinyal atau sensor (misalnya seismograf) ke komputer. analogi lain adalah aliran air sungai dari tempat tinggi ke tempat yg lebih rendah.
2. Half Duplex
karakteristik : pada modus setengah-duplex (half-duplex), transmisi data dapat terjadi secara dua arah namun harus bergantian (tidak dalam waktu bersamaan). pada saat salah satu alat mengirimkan sinyal, alat yg lain hanya dapat menerima sinyal.
keterangan : walkie talkie dan radio CB adalah dua contoh peralatan komunikasi yg menggunakan modus transmisi setengah-duplex.analogi lain adalah jalur kereta api tunggal (single track).
3. Full Duplex
karakteristik : pada modus transmisi full-duplex (atau disebut duplex saja), aliran data dapat terjadi dalam dua arah pada saat yg bersamaan. kedua komputer di setiap link dapat saling mengirim dan menerima data sekaligus.
keterangan : modus transmisi duplex analogi dengan jalur lalu-lintas dua arah. contoh dalam komunikasi adalah dua orang yg berbicara dan saling mendengarkan lawan bicara lewat telepon.

0 komentar: